Penyebab Sariawan di Lidah

Penyebab Sariawan di Lidah  – Sariawan adalah salah satu penyakit yang timbul pada lidah, yaitu berupa kelainan pada selput lendir mulut berupa bercak berwarna putih dengan permukaan cekung berbentuk bulat, biasanya berwarna kemerahan di sekitarnya. Penyebab sariawan di lidah antara lain karena tergigit, makanan/minuman yang panas, alergi terhadap cabai atau nanas, kekurangan vitamin C, atau kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Penyebab Sariawan di Lidah

Penyebab Sariawan di Lidah

Selain sariawan di lidah. Lesi sariawan biasanya terdapat pada mukosa bibir, lidah, langit-langit lunak, dan dasar gusi. Penyebab sariawan di lidah ini disebabkan oleh kekurangan vitamin C, alergi, mengkonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas terus dingin.

Penyebab sariawan di lidah paling sering disebabkan oleh ketidaksengajaan lidah tergigit saat makan. Kemudian lidah terasa sakit, nyeri setelah beberapa hari kemudian timbul bercak atau tonjolan merah yang cukup menyakitkan hingga menyulitkan seorang penderitanya sulit untuk memasukkan dan mengunyah makanan.

Bengkak pada selaput lendir di dalam mulut disebut sariawan. Sariawan biasanya terjadi pada bagian selaput lendir di bibir dalam dan di ujung lidah. Penyebabnya adalah serangan virus atau kuman, kurang gizi, turunnya kekebalan tubuh, dketegangan emosi dan stress. sariawan juga bisa terjadi karena luka dalam akibat ujung sikat gigi. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat menyikat gigi.

Untuk mengobati sariawan di lidah umumnya banyak orang menggunakan obat biru yang dioles langsung pada area sariawan tersebut, atau dengan mengkonsumsi vitamin C setiap hari dan banyak mengkonsumsi air putih. Tak kalah penting ialah dengan menggosok gigi dan berkumur usai menyikat gigi, jangan terlalu keras ketika menggosok karena hanya akan merusak gigi dan bagian mulut dalam.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sariawan di lidah yakni :

  1. Kurangnya konsumsi vitamin C dan juga buah-buahan
  2. Kurang konsumsi vitamin A dan sayur mayur
  3. Berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung minyak
  4. Terlalu sering dalam mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin dan juga makanan yang terlalu pedas.
  5. Kurang asupan zat besi
  6. Kebersihan mulut serta gusi yang tidak bisa terjaga dengan baik.
  7. Pola makan yang tidak teratur
  8. Trauma
  9. Jamur
  10. Bakteri
  11. Virus
  12. Stress psikologis
  13. Infeksi
  14. Penggunaan obat antibiotik yang digunakan dengan berlebihan
  15. Penggunaan kopi serta teh yang berlebihan
  16. Alergi pada paprika dan juga nanas
  17. Emosi serta stres
  18. Gangguan pada hormonal
  19. Kurang asupan nutrisi dalam tubuh
  20. Penurunan sistem metabolisme tubuh
  21. Kurang konsumsi makanan asam folat
  22. Sakit pada lambung.

Sariawan merupakan suatu penyakit yang umum, dan biasanya sariawan ini akan sembuh dengan sendirinya. Semua orang pasti mengalami sariawan selama hidup mereka. Obat yang paling baik dalam mengobati sariawan adalah dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, A, dan B

Jangan menggosok gigi dengan asal dan membuat gusi menjadi berdarah. Berhentilah dalam mengonsumsi makanan yang mengandung minyak terlalu banyak, jangan minum air dingin disaat tenggorokan Anda sedang kering, dan lebih rileks.

Beberapa bahan alami bisa membantu mengatasi masalah sariawan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Obat sariawan lidah buaya
  2. Obat sariawan ekstrak biji anggur
  3. Obat sariawan jus plum
  4. Obat sariawan baking soda
  5. Obat sariawan daun jarak
  6. Obat sariawan daun sirih
  7. Obat sariawan daun cincau
  8. Obat sariawan dari rebusan kunyit

Dan masih banyak lagi bahan alami yang bisa membantu mengatasi masalah sariawan secara alami. Setiap orang pasti berbeda-beda dalam mengobati sariawannya. Karena itulah tidak semua orang bisa sembuh hanya dengan mengonsumsi 1 jenis obat tradisional sariawan yang sama. Jika Anda sudah mengobati sariawan menggunakan obat-obatan alami tadi namun masih belum sembuh juga, maka Anda bisa mengobatinya dengan minum obat sariawan  dokter, namun harus dengan resep dokter.

Sariawan yang tidak sembuh bisa juga disebabkan karena merupakan suatu gejala dari penyakit seperti panas dalam atau demam dan karena susah buang air besar. Jangan langsung minum obat demam seperti paracetamol. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan akibat susah buang air besar bisa diobati dengan menggunakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena penyakit sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak membahayakan, namun penyakit ini memang bisa mengganggu aktivitas kita. Cara mencegah penyakit sariawan ini adalah menghindari yang menjadi pencetus dari sariawan ini. Jika penyebab dari sariawan ini akibat iritasi kulit, maka hindarilah penyebabnya. Bahan kimia bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit dan bisa menimbulkan sariawan pada mulut. Maka cara mengobatinya adalah dengan menggunakan obat kumur.

Itulah beberapa tips mengobati sariawan secara alami. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Sariawan di Lidah


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Sariawan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>