Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan masih belum jelas, namun teori yang menyebutkan bahwa sariawan berhubungan dengan masalah kekebalan tubuh. Selain itu, beberapa jenis penyakit, kurang asupan nutrisi (khususnya zat besi dan vitamin B12), alergi, trauma (misalnya tergigit), stres dan perubahan hormonal (siklus menstruasi) juga bisa memicu timbulnya sariawan.

Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan

Selain itu, pada perempuan, kondisi hormonal juga bisa mempengaruhi datangnya sariawan, misalnya ketika sedang atau menjelang menstruasi. Namun alasan penyebab sariawan yang sesungguhnya harus dicara dengan mengevaluasi setiap faktor penyebab pada penderita. Setiap penderita bisa memiliki cara pengobatan yang berbeda sesuai dengan penyebabnya masing-masing.

Sariawan bisa muncul dalam ukuran yang kecil, besar ataupun dalam jumlah yang banyak. Dia juga bisa muncul berulang kali atau istilahnya disebut rekuren. Sebelum terbentuk ulser, biasanya bagian tempat munculnya sariawan akan terasa perih seperti tertusuk ataupun terbakar pada daerah yang meradang. Baru setelah 2 atau 3 hari kemudian mulailah terbentuk lesi ulser pada daerah yang meradang tersebut.

Penyebab sariawan masih belum diketahui dengan pasti. Diperkirakan bahwa sariawan adalah suatu gangguan imun, dengan kuman streptococcus sangius memegang peranan penting. Zat-zat anti yang dibentuk terhadapnya bila sistem iumn terganggu, menyerang mukosa mulut penderita dan mengakibatkan timbul tukak.

Beberapa faktor dapat memicu Penyebab Sariawan timbul, misalnya keturunan, emosi (tekanan jiwa, stres) dan yang mengherankan bila berhenti merokok dengan mendadak bagi perokok aktif maupun pasif. Begitu pula ternyata, banyak orang sariawan menderita alergi dalam bentuk asma atau kepekaan terhadap suatu jenis makanan tertentu dan tepung sari (demam musiman, polinosis).

Ada beberapa upaya gara sariawan tidak kumat atau timbul kembali, walaupun belum semuanya memuaskan karena penyebab tunggal dari sariawan sendiri belum jelas benar.

Ada yang memberikan beberapa suntikan zat yang mempercepat penumbuhan jaringan untuk mengurangi kekerapan sariawan yang sering kumat atau kambuh kembali. Ada pula yang mencoba pasta gigi berenzim dan beberapa upaya lain.

Penyebab sariawan akibat bakteri dan juga jamur bisa menjadi salah satu pemicunya. Oleh karena itulah perlunya menjaga kebersihan mulut dan gigi untuk mencegah terjadinya sariawan. Kurangnya konsumsi vitamin C, kurang tidur, stres, dan juga karena beberapa hal lain yang menjadi penyebabnya. Luka yang muncul pada sekitar mulut akibat dari gigitan tidak sengaja atau juga karena terjatuh bisa menjadi pemicu munculnya sariawan. Selain itu, sariawan yang terjadi selama berbulan-bulan, bisa jadi merupakan suatu pertanda bahwa terjadinya penyakit serius pada penyakit HIV/AIDS atau juga bisa disebabkan karena penyakit kanker pada mulut.

Ada beberapa hal yang bisa mencegah terjadi munculnya sariawan dimulut. Yakni adalah dengan makan lebih tenang, hal ini bisa membantu menjaga bibir atau lidah tidak tergigit. Luka yang muncul pada kedua tempat itu bisa menjadii sangat lambat dalam proses penyembuhanya sehingga menjadi lebih sulit dalam dan lebih lama dalam mengatasinya. Pastikan buatlah gigi dan mulut Anda selalu dalam keadaan sehat dan selain itu berkumur dengan menggunakan obat alami bisa membantu mengurangi gejala pada sariawan. Mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu cara yang baik yang bisa membantu meredakan sayuran. Karena sayuran mengandung vitamin C, B2, B6, dan juga mengandung asam folat yang bisa menjadi sangat bermanfaat untuk membantu mencegah munculnya sariawan.

Cara meningkatkan sistem imun tubuh bisa membantu meningkatkan kesehatan bisa membantu untuk mencegah munculnya sariawan. Dibawah ini ada beberapa obat alami yang bisa membantu untuk mengatasi masalah sariawan adalah :

  1. Konsumsi larutan penyegar untuk panas dalam
  2. Membantu mengatasi sariawan dengan madu
  3. Mengatasi sariawan menggunakan bawang, buah pepaya dan juga kantong teh
  4. Mengoleskan bagian sariawan dengan menggunakan obat alami seperti jeruk nipis
  5. Berkumur dengan air garam
  6. Atau berkumur denngan menggunakan rebusan kunyit serta juga menggunakan campuran dari air serta baking sodang
  7. Mengonsumsi yoghurt

Sariawan memang bisa hilang dengan sendirinya. Dan sariawan bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan alami seperti yang sudah dijelaskan diatas, namun tidak semua orang cocok dengan obat alami diatas. Oleh karena itulah, jika Anda masih ragu dalam mengonsumsi obat alami sariawan diatas, maka Anda bisa melalkukan konsultasi ke dokter untuk meminta saran kepadanya bagaimana cara memakai obat sariawanyang ssudah terbukti ampuh bisa membantu sariawan.

Air kelapa ternyata bisa juga untuk membantu mengatasi masalah sariawan. Anda bisa meminum air kelapa yang banyak dijual untuk membantu menghindari peradangan dan juga mencegah terjadinya sariawan. Selain itu, mengonsumsi buah jeruk, pisang dan nanas merupakan salah satu buah yang membantu menyembuhkan sariawan secara alami. Buah-buahan ini mengandung vitamin C.

Itulah beberapa obat alami untuk membantu mencegah terjadinya penyebab sariawan secara alami.

Penyebab Sariawan


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Sariawan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>